HUBUNGAN STATUS GIZI DAN FAKTOR KETURUNAN DENGAN USIA MENARCHE PADA SISWI SMP NEGERI 16 PALEMBANG TAHUN 2008


ABSTRAK

Dewi, Armelita. 2008. Hubungan Status Gizi dan Faktor Keturunan dengan Usia Menarche pada Siswi SMP Negeri 16 Palembang Tahun 2008. KTI Palembang: Poltekkes Depkes Palembang Jurusan Kebidanan.
Pembimbing      : Yunetra Franciska,SST
Kata Kunci       : Usia Menarche, Status Gizi, Faktor Keturunan
Usia menarche cenderung bergeser semakin cepat dari waktu ke waktu, penelitian di pulau Jawa di dapatkan data pada tahun 1937 usia menarche rata-rata 14,08 tahun dan pada tahun 1996 menarche  rata-rata 13,22. Menurut Winkjosastro (2005), usia menarche itu bervariasi tetapi semakin lama usia menarche semakin cepat karena beberapa faktor (status gizi, faktor keturunan, kesehatan umum, pengetahuan seksual). Sehubungan dengan hal tersebut maka permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan antara status gizi dan faktor keturunan dengan usia menarche pada siswi SMP 16 Palembang tahun 2008.
Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui distribusi frekuensi dan faktor-faktor yang berhubungan (status gizi, faktor keturunan) dengan usia menarche pada siswi SMP N 16 Palembang tahun 2008.
Penelitian ini menggunakan metode survey analitik dengan desain cross sectional. Sampel penelitian adalah siswi SMP N 16 Palembang yang berusia 11-16 tahun dan telah menstruasi pada saat penelitian dilakukan. Sampel penelitian diambil secara non- random sampling, dengan teknik purposive sampling yang berjumlah 201 responden. Uji statistik yang digunakan adalah Chi-square dengan menggunakan sistem komputerisasi program SPSS 12.
Hasil analisis bivariat menunjukkan ada hubungan antara status gizi dengan usia menarche pada siswi SMP N 16 Palembang, dari hasil uji Chi-square didapatkan p. value 0.035 < a 0,05. Hasil analisis bivariat faktor keturunan dengan usia menarche didapatkan p. value 0.000 < a 0,05 maka terdapat hubungan antara faktor keturunan dengan usia menarche.
Dalam hal ini diharapkan para siswi dapat menambah wawasan tentang kesehatan reproduksi khususnya menstruasi, serta memperhatikan asupan nutrisinya karena masih dalam masa pertumbuhan. Di harapkan penelitian ini berguna sebagai referensi, dan dapat dilakukan penelitian ulang oleh para peneliti selanjutnya.
berikut analisis uni-bivariatnya dengan menggunakan spss12
ANALISA UNI-BIVARIATNYA

uterus

Advertisements

One thought on “HUBUNGAN STATUS GIZI DAN FAKTOR KETURUNAN DENGAN USIA MENARCHE PADA SISWI SMP NEGERI 16 PALEMBANG TAHUN 2008

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s