HUBUNGAN ANTARA USIA MENARCHE DAN RIWAYAT NYERI HAID KELUARGA TERHADAP NYERI HAID PADA SISWI SMA ARINDA PALEMBANG TAHUN 2006


KARYA TULIS ILMIAH

POLITEKNIK KESEHATAN DEPARTEMEN KESEHATAN PALEMBANG
JURUSAN KEBIDANAN
Kata kunci : nyeri haid, Usia Menarche,vriwayat Nyeri Haid Keluarga
ABSTRAK
Nyeri haid adalah suatu gejala dan bukan merupakan suatu penyakit. Nyeri haid biasanya bersifat subjektif dan intensitasnya sukar dinilai, patogenesisnya belum bisa dipecahkan dengan memuaskan. Angka kejadian nyeri haid di Indonesia didapatkan angka sebesar 55% perempuan usia produktif menderita nyeri haid. Di kota Palembang sendiri pada tahun 2004 sebesar 64,3% dan pada tahun 2005 sebesar 77,7% kendati demikian di Indonesia saat ini hanya 1-2% dari wanita yang mengalami nyeri haid yang memeriksakan diri ke dokter, sehingga sulit untuk mengetahui patogenesisnya yang jelas. Sehubungan dengan hal tersebut maka permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan antara usia menarche dan riwayat nyeri haid keluarga terhadap nyeri haid pada siswi SMA Arinda Palembang tahun 2006.
Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui hubungan antara usia menarce dan riwayat nyeri haid keluarga terhadap nyeri haid pada siswi SMA Arinda Palembang tahun 2006.
Desain penelitian adalah survey analitik dengan pendekatan cross sectional dan dilakukan pada siswi SMA Arinda Palembang dengan pengambilan sampel secara purposive samplling, dimana unit populasi yang diteliti dengan kriteria usia menarche ≤13 tahun. Pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji chi-square.
Hasil penelitian didapatkan angka kejadian nyeri haid pada siswi SMA Arinda Palembang adalah 98,5%. Usia menarche yang <11 tahun sebanyak 2% dan yang terdapat riwayat nyeri haid keluarga sebesar 75%. Berdasarkan uji chi-square, hubungan yang bermakna yang bermkna yang terdapat pada variabel riwayat nyeri haid keluarga.
Upaya uang dapat dilakukan ialah dengan cara meningkatkan pengetahuan responden mengenai nyeri haid sehingga akan terbentuk sebuah sikap dan perilaku yang baik dan benar dalam rangka menghadapi nyeri haid tersebut.

Advertisements

3 thoughts on “HUBUNGAN ANTARA USIA MENARCHE DAN RIWAYAT NYERI HAID KELUARGA TERHADAP NYERI HAID PADA SISWI SMA ARINDA PALEMBANG TAHUN 2006

  1. ass..
    saya emi, mahasiswi keperawatan universitas diponegoro semarang. saat ini saya sedang menjalani proses pembuatan proposal skripsi.awalnya, saya mengajukan judul ” hubungan antara usia menarche dengan kejadian dismenore primer pada remaja putri” (ternyata hampir mirip dengan judul ini)namun ditolak oleh dosen pembimbing dengan berbagai alasan. ini memaksa saya ntuk memilih judul lain.
    sekarang saya menemukan skripsi yang sama dengan judul yang ingin saya ambil. tetapi saya tidak dapat mengakses hasil skripsi ini. keberatan kah jika Anda mengirimkan hasil anda via email saya?? saya ingin tahu..
    terima kasih…

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s